Hello friends

My name is Ratna Kumala Sari… Usually my family call me Sari or Ai   ^_^ …..

 Di Blog ini membahas tentang cara membuat laporan tahunan yang dibuat dalam Microsoft Excel !!!

Caranya nggak susah-susah amat kok friends….  Aahiiihiii  (^_^)

·      Pertama

Buka dulu aplikasi Mc. Excel

·      Kedua

Dalam laporan tahunan ini , kita membuat sebanyak 20 sheet dan diberi nama pada sheet tersebut. . . tapi nama pada sheet tersebut tidak sama. . . 

 Misalnya :   Sheet 1 diberi nama “Data” ,,

Sheet 2 sampai sheet 4 diberi nama “bulan” yaitu “januari, februari, maret” . . .

Sheet 5 diberi nama “caturwulan I” , ,

Sheet 6 samapi sheet 8 diberi nama “bulan” yaitu “april, mei, juni” . . .

Sheet 9 dan 10 diberi nama “caturwulan II” dan “semester 1” , ,

Sheet 11 sampai 13 diberi nama “bulan” yaitu “juli, agustus, September” . . .

Sheet 14 diberi nama “caturwulan III” , ,

Sheet 15 sampai 17 diberi nama “bulan” yaitu “oktober, November, desember”

Sheet 18 dan 19 diberi nama “caturwulan III”  dan “semester 2” . . .

Sheet 20 diberi nama “tahunan” , ,

     Pada sheet diberi warna yang berbeda agar terlihat bagus dan ada yang membedakanyya dengan sheet yang lain . .  , , ^_^

·      Ketiga

Buat lah data yang akan dibuat pada sheet 1 , , , Pada sheet-sheet yang sebelumnya, ubahlah nama-nama selnya dengan member inisial sel.

Dalam sheet 2, buat data yang kita perlukan, namun disini kita akan memerlukan data dari sheet 1, karena kita akan menghiperlink data yang terdapat dalam sheet 1
salah satu contoh rumus yang dapat digunakan adalah :

Dalam bagian judul : “=laporan&” PUSKESMAS ” & pkm & kab & TW3& ” TAHUN ” & tahun”

*untuk bagian table na , , , ,  pada bagian posyandu, S, K, D, N, K/S, D/S, N/D, N/S di beri comment , , , contoh :

“letakkan kursor pada bagian posyandu, , klik kana dan pilih insert,, dan buat comment yang akan dibuat dan enter” . . . ! !

*Pada table , hitung data-data dengan cara :

     – untuk Jumlah, ,  “=SUM(blok sel yang akan di jumlahkan) enter”

     – untuk Rata-rata. . “AVERAGE(blok data) enter”

     – “COUNTIF(blok data) enter”

·       

   Keempat

Ketik tanggal dan nama pembuatan serta nama orang yang menyetujui, , dengan cara memanggilnya dengan menggunkan formula seperti tadi.

Misalnya pada tempat dan tanggal menggunakan rumus :

            =tmpt&”, 5″&” “&FEB&” “&thn

 

·      Kelima

        Buat diagram sesuai dengan table yang ada

1.      Blok data yang akan dibuat diagaramnya

2.      Klik insert

3.      chart

4.      Pilih diagram yang diinginkan

5.      Klik kanan data label

6.      Add data label

Boleh diedit sesuai keinginan

 

 

·      Keenam

Untuk sheet selanjutnya, copy pastekan sheet 2 atau data januari tadi

 dengan cara:

a.   Klik kotak pada sudut kiri atas sheet,

b.    Klik kanan

c.       Copy

d.  Buka sheet ke 3

e.   Lalu paste.

 

     Jangan lupa ya friends untuk ubah tanggal dan judul pada sheet yang kita copy paste tadi

dengan cara memanggil sheet data atau sheet 1 menggunakan formula.

Ganti juga diagram sheet tersebut dengan cara:

1.      Klik kanan pada diagaram

2.      Source data

3.      Akan tampak 2sheet yang aktif, blok data

4.      Klik sheet yang akan diubah diagramnya

5.      Blok data label yang akan diubah diagramnya

6.      Ok

 

Memo : jika kita ingin mengunci data yang kita buat agar tidak dirubah oleh orang lain kita dapat memblok data tersebut den “klik review dan pilih Protect Sheet”. . Pada protect sheet akan muncul “table” dan masukkan “password” yang anda inginkan untuk mengunci data anda tersebut dan “Ok” !!     ^_^   ~_~   -_-

 

FINISH

\\(^_^)//

AAHIIIIHIIIIHIII

THANK YOU

 

 

Untuk lebih pahamnya lagi, teman-teman dapat melihat contohnya di siniiiiii aahiihii

 

Leave a comment